[ 01-02 ] Ngaji Kitab Risalah Ahlussunnah Wal Jama’ah Karya Hadlratus Syaikh Hasyim Asy'ari


قال المؤلف رحمه الله تعالى :

مقدمة

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

اَلْحَمْدُ للهِ شُكْرًا عَلَى نَوَالِهِ، وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَﺁلِهِ وَبَعْدُ، فَهَذَا كِتَابٌ أَوْدَعْتُ فِيْهِ شَيْئًا مِنْ حَدِيْثِ الْمَوْتَى وَأَشْرَاطِ السَّاعَةِ، وَشَيْئًا مِنَ الْكَلاَمِ عَلَى بَيَانِ السُّنَّةِ وَالْبِدْعَةِ وَشَيْئًا مِنَ الأَحَادِيْثِ بِقَصْدِ النَّصِيْحَةِ وَالَى اللهِ الْكَرِيْمِ أَمُدُّ اَكُفَّ الْاِبْتِهَالِ أَنْ يَنْفَعَ بِهِ نَفْسِيْ وَأَمْثَالِيْ مِنَ الْجُهَّالِ وَأَنْ يَجْعَلَ عَمَلِيْ خَالِصًا لِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ إِنَّهُ جَوَادٌ رَؤُوْفٌ رَحِيْمٌ، وَهَذَا أَوَانُ الشُّرُوْعِ فِي الْمَقْصُوْدِ بِعَوْنِ الْمَلِكِ الْمَعْبُوْدِ .


"Pengantar, dengan nama Allah, ar Rohmah dan ar Rohim. Segala puji bagi Allah sebagai sebuah ungkapan rasa syukur atas segala anugerahNya. Shalawat dan salam mudah-mudahan terlimpahcurahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad shallallahu alayhi wasallam dan seluruh keluarga beliau.

Setelah basmalah, hamdalah dan shalawat, Ini adalah kitab yang aku titipkan di dalamnya Hadits-hadits tentang orang-orang yang mati tanda-tanda hari kiamat penjelasan tentang sunnah dan bid’ah dan beberapa hadits dengan tujuan memberi nasehat-nasehat, 

Kepada Allah Dzat Yang Maha Mulia kutengadahkan telapak tangan kuberdoa dengan sepenuh hati kumohonkan agar kitab ini memberikan manfaat untuk diri kami dan orang-orang bodoh semisal kami. Mudah-mudahan Allah menjadikan amal kami ikhlas karena Allah, Dzat Yang Maha Pemurah Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Dengan segala pertolongan Allah Dzat yang disembah penyusunan kitab ini dimulai.

فَصْلٌ فِيْ بَيَانِ السُّنَّةِ وَالْبِدْعَةِ

اَلسُّنَّةُ بِالضَّمِّ وَالتَّشْدِيْدِ كَمَا قَالَ أَبُو الْبَقَاءِ فِيْ كُلِّيَّتِهِ: لُغَةً اَلطَّرِيْقَةُ وَلَوْ غَيْرَ مَرْضِيَّةٍ. وَشَرْعًا اِسْمٌ لِلطَّرِيْقَةِ الْمَرْضِيَّةِ الْمَسْلُوْكَةِ فِي الدِّيْنِ سَلَكَهَا رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اَوْ غَيْرُهُ مِمَّنْ عُلِمَ فِي الدِّيْنِ كَالصَّحَابَةِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمْ لِقَوْلِهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَيْكُمْ بِسُنَّتِيْ وَسُنَّةِ الْخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ مِنْ بَعْدِيْ. وَعُرْفًا مَا وَاظَبَ عَلَيْه مُقْتَدًى نَبِيًّا كَانَ اَوْ وَلِيًّا. وَالسُّنِّيُّ مَنْسُوْبٌ اِلَى السُّنَّةِ حُذِفَ التَّاءُ لِلنِّسْبَةِ.


Pasal Menjelaskan Tentang Sunnah dan Bid’ah


Lafadz as-Sunnah dengan dibaca dhammah (sin-nya) dan tasydid sebagaimana dituturkan oleh Imam al-Baqa’ dalam kitab Kulliyat-nya secara etimologi adalah thariqah (jalan) sekalipun yang tidak diridhai.

Menurut terminologi syara’ as-Sunnah merupakan thariqah (jalan) yang diridhai yang ditempuh dalam agama sebagaimana yang telah ditempuh oleh Rasulullahshallallahu ‘alayhiwasallam atau selain beliau yakni mereka yang memiliki otoritas sebagai panutan di dalam masalah agama seperti para sahabat Radliyallahu ‘anhum.

Hal ini didasarkan pada sabda Nabi shallallahu ‘alayhiwasallam: “Tetaplah kalian untuk berpegang teguh pada sunnahku dan sunnah Khulafaur Rasyidin setelahku.”

Sedangkan menurut terminologi ‘urf, sunnah adalah apa yang dipegangi secara konsisten oleh tokoh yang menjadi panutan apakah ia sebagai nabi ataupun wali. Adapun istilah as-Sunni merupakan bentuk penisbatan dari lafadz as-Sunnah dengan membuang ta’ untuk penisbatan.

والله اعلم بالصواب


Sumber : LDNU KAB KEDIRI

t.me/RisalahAswaja

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url